Berita Terbaru
Loading...
Sunday, April 5, 2015

5 Kebutuhan Gizi Bagi Bayi

12:18 AM
5 Kebutuhan Gizi Bagi Bayi - Memiliki bayi yang sehat merupakan idaman setiap keluarga. Tentu saja ini merupakan peran aktif orang tua yang selalu memerhatikan asupan gizi yang baik kepada si buah hatinya. Memberikan asupan gizi yang baik itu dapat membantu dalam tumbuh kembangnya sang bayi Anda. Berikut ini ada 5 tips dasar gizi yang harus diperhatikan dengan baik, seperti dikutip dari ayahbunda.co.id. Baca ini juga: Beberapa Cara Perawatan Bayi Baru Lahir 6 Minggu Pertama

5 Kebutuhan Gizi Bagi Bayi
Illustrasi gambar anak dan gizi

1. Air
Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Sementara air yang dibutuhkan bayi adalah tidak lain dan tidak bukan adalah ASI. Ya, ASI merupakan sumber air yang baik bagi bayi. Karena ASI dapat membantu melancarkan kerja percernaan bagi bayi. Adapun untuk asupan air dari sumber selain ASI/PASI yaitu air putih matang, sari buah segar, dan makanan berkuah.

2. Lemak
Lemak juga penting bagi perkembangan tumbuh kembang si bayi. Agar ada bahan utama sumber energy. Yang dibutuhkan untuk membuat kadar lemak yaitu dari beberapa jenis zat besi seperti vitamin A agar dapat diserap dengan tubuh. Adapun sumber zat besi itu seperti minyak sayur, (terutama minyak jagung, minyak wijen, dan minyak bunga matahari), santan, mentega atau juga margarin.

3. Vitamin dan Mineral
Salah satu kegunaan vitamin dan mineral itu adalah; bisa memperlancar berbagai proses metabolisme di dalam tubuh, juga termasuk proses penghantaran perintah di antara sel-sel saraf. Adapun sumber yang dapat menghasilkan vitamin dan mineral itu adalah; bayam daun kangkung, brokoli, labu kuning, buncis muda, jamur, jagung, merang, wortel, pisang, kacang kapri, pepaya, jeruk, tomat, apel, pir, melon, dan alpukat.

4. Karbohidrat
Guna untuk mendapatkan bahan baku yang menghasilkan energy yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas si bayi. Adapun sumber yang dapat menghasilkan Karbohidrat ialah; tepung, beras, beras merah, macaroni, tepung roti, maizena, havermut, kentang, pasta.

5. Protein
Protein sangat berguna sekali untuk pembentukan berbagai pembentukan stuktur organ, terutama antara tulang dan otot, juga termasuk sel-sel saraf otak. Sumber yang dapat menghasilkan protein itu tempe dan kacang-kacangan (kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah), tahu, telur, daging (ternak, unggas, ikan), susu dan hasil olahannya (keju, krim dan yoghurt).

Itulah beberapa asupan gizi yang perlu Ibu perhatikan. Sedangkan, semua asupan gizi bagi bayi harus dengan dalam kadar yang seimbang. Karena sumber yang menjadi masalah pada bayi itu ketika ada asupan gizi yang tidak seimbang, termasuk jika hanya memberikan beberapa zat besi saja pada si buah hati Anda. Dan perlu diingat, jika memberikan kecukupan gizi yang baik, itu akan membantu pertumbuhan anak secara optimal.

<05/04/ab>

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.