Berita Terbaru
Loading...
Thursday, April 16, 2015

Gizi Dan Vitamin Untuk Kebutuhan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan

10:34 PM
Gizi Dan Vitamin Untuk Kebutuhan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan - Asupan Gizi dan Vitamin sangat penting untuk kebutuhan sang buah hati Anda kendatipun bayi masih berusia 0 bulan. Memberikan asupan gizi dan vitamin sedini mungkin adalah langkah yang tepat, guna memberikan efek pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik buat anak-anak Anda, tentunya. Baca ini: Mengenal Kesehatan Bayi Dari BAB-nya

Gizi Dan Vitamin Untuk Kebutuhan Bayi Usia 0 Sampai 6 Bulan
illustrasi gizi dan vitamin bagi bayi usia 0 - 6 bulan
Perlu Ibu-Ibu ketahui, bahwa gizi dan vitamin untuk kebutuhan bayi usia 0 sampai 6 bulan itu sangat penting untuk tumbuh kembang mereka. Karena, Zat Besi itu bisa mencegah terjadinya malnutrisi atau kekurangan gizi. Maka dari itu, pahamilah secara benar tentang pemberian gizi yang seimbang kepada buah hati Anda.

Inilah Beberapa Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Bayi 

1. Energi
Energi merupakan sebagai penunjang buat proses petumbuhan dan perkembangan otak. Di masa bayi berusia 1 sampai 6 bulan kebutuhan energi bayi meningkat sesuai dengan berat badannya, kurang lebih 112 kkal perkilogram berat badan. Sementara itu, memasuki usia anak 2 tahun, maka energi perkilogram berat badannya menurun, dan ini akan berlangsung selama masa anak-anak. Adapun kebutuhan energi pada usia 6 sampai 24 bulan  adalah 950 kkal perharinya.

2. Protein
Dengan adanya asupan protein, akan mebentuk sel-sel baru yang akan menunjang proses pertumbuhan seluruh organ tubuh maupun perkembangan otaknya. 200 gram protien yang dibutuhkan anak berusia 6 sampai 24 bulan.

3. Lemak
Ternyata lemak sangat berperan penting untuk tumbuh kembang sel-sel saraf otak untuk kecerdasan buah hati Anda. Sementara untuk kebutuhan lemak sendiri, yang diperlukannya yaitu asam lemak esensial (asam linoleat atau omega 6, asam linoleat atau omega 3) juga asam lemak non esensial (asam oleat atau omega 9, EPA, DAA, dan AA.)

4. Vitamin A
Vitamin A merupakan asupan yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit dan pertumbuhan optimal anal.

5. Vitamin C
Adapun fungsi dari vitamin c yaitu, untuk pembentukan kolagen (tulang rawan), guna meningkatkan daya tahan tubuh serta penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang gigi yang kuat.

6. Yodium
Dengan menerima asupan yodium ini akan memberikan peran dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh sehingga tidak mengalami hambatan seperti kerdil atau bahkan tumbuh kembang menjadi tidak berkembang. Selain itu berperan pula dalam proses metabolisme tubuh, yang merubah karoten yang terdapat dalam makanan menjadi vitamin A.

7. Kalsium
Kalsium juga sangat penting untuk dalam pembentukan tulang dan gigi, kontraksi dalam otot, membantu penyerapan vitamin B12 (untuk mencegah anemia dan membantu sel darah merah).

8. Zinc atau Zat Seng
Tersebar disemua sel, serta dalam jaringan tubuh. Yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan fungsi otak dan memengaruhi respons tingkah laku juga emosi anak.

9. Zat Besi 
Zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik dan memengaruhi penggunaan energi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta pembentukan sel darah yang dapat membantu proses penyebaran zat gizi serta oksigen keseluruh organ tubuh.

10. Asam Folat
Dan yang terakhir adalah asam folat. Asam Folat sangat penting pada masa pertumbuhan seorang anak. Asam folat dapat membantu memproduksi sel darah merah dan sel darah putih, dalam sumsum tulang, berperan dalam pematangan sel darah merah dan mencegah anemia. health.liputan6.com

<16/04/ab>

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.