Berita Terbaru
Loading...
Thursday, April 2, 2015

Perawatan Pusar Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

10:54 PM
Perawatan Pusar Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar - Pusar merupakan salah satu bagian paling vital dalam organ tubuh manusia, apalagi dalam perawatan pusar bayi yang baru lahir. Ini benar-benar harus faham dalam cara penangannya, agar tidak menjadi infeksi di pusar bayi kita.

Perawatan pusar bayi
illustrasi gambar

Pusar sendiri memiliki fungsi sebagai saluran penyuplai makanan, yang sekaligus berfungsi sebagai jalan pembuangan sisa-sisa metabolisme dan juga ekskreasi janin. Pada saat bayi baru lahir, biasanya sang dokter akan menyisakan beberapa sentimeter dari bagian tali pusar bayi itu sendiri, sebelum sang tali pusar itu nantinya akan lepas dengan sendirinya.

Di dalam perawatan pusar bayi, khususnya bagi Anda para pasangan baru yang baru memiliki seorang anak, Anda harus benar-benar teliti di dalam perawatan tali pusar bayi ini. Karena, tali pusar bayi ini sangat rentan akan terkena infeksi. Tetapi, Anda tidak usah terlalu cemas di dalam menangani perkara tersebut, karena hal itu tidak akan terjadi jika Anda tetap teliti dan cermat di dalam penangannannya.

Ada beberapa langkah di dalam penanganan tentang tali pusar yang baik dan benar.

1. Terlebih dahulu bersihkan area tali pusar dengan kapas yang lembut yang telah dicelupkan dengan air matang. Setelah itu lakukan dengan lembut dan tidak perlu menggosok atau bahkan mendorong pusar. Selanjutnya, bersihkan area tali pusar yang telah dibersihkan tadi dengan handuk yang halus dan pelan-pelan.

2. Biasakan selalu ganti pembalut tali pusar bayi dengan kain kasa yang baru. Jika melihat ada darah di tali pusar bahkan sampai terlihat menghitam, sebaiknya tidak usah panik, karena memang tali pusar di minggu-minggu pertama itu masih tampak seperti luka.

3. Untuk penggunaan popoknya, lipatlah pada bagian atasnya serta biarkan lebih tampak menjauh dari tali pusar, semua itu agar terhindar dari rembesan urin si bayi terhadap tali pusarnya.

Dengan demikian, Perawatan Pusar Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar itu:

  • Perhatikanlah dan jaga kebersihannya di area tali pusar tersebut. Juga sertakan semuanya dalam keadaan kering.
  • Selalu menggunakan kapas yang baru setiap pada basuhan
  • Supaya tali pusar ingin cepat lepas, selalu gunakan kain kasa yang terus dibalutkan agar mendaptkan udara yang cukup.
  • Disaat sedang dalam pembersihan, suhu udara di dalam ruangan harus dipastikan tidak terlalu dingin atau panas
  • Selalu kenakanlah popok serta atasan yang memiliki bahan kaos yang sedikit longgar
  • Lakukanlah secara rutin bersih-bersih itu dalam selang waktu 1-2 kali sehari.

Tetap harus menjadi catatan utama Anda di rumah yaitu, apabila mendapati di area pusar si bayi Anda nampak memerah atau bahkan seperti panas terbakar, segeralah untuk menghubungi dokter. Karena yang ditakutkan di sini, takutnya pusar terkena infeksi.

<02/04/ab>

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.