Berita Terbaru
Loading...
Tuesday, April 14, 2015

Inilah 6 Cara Untuk Memiliki ASI Yang Melimpah

10:19 PM
Inilah 6 Cara Untuk Memiliki ASI Yang Melimpah - Asi merupakan salah satu makanan pokok yang baik bagi bayi Anda. Seperti dikutip dari klikdokter.com bahwa manfaat ASI itu sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi Anda. Bahkan menurut penelitian di Amerika, Harvard Medical School, yang mengatakan jika pemberian ASI dapat menguatkan mental seorang anak. Studi itu juga mengatakan, jikalau memberikan ASI dalam waktu yang lama, dapat memicu perkembangan IQ anak menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang hanya sebentar diberikan Air Susu Ibu. Baca juga ini: 5 Kebutuhan Gizi Bagi Bayi

Cara memiliki ASI yang melimpah
illsutrasi gambar ASI pada Ibu yang sedang menyusui
Menurut dokter Citra Roseno dari klikdokter.com, inilah beberapa tindakan yang harus Ibu lakukan jika ingin memiliki ASI yang cukup melimpah.

  1. Lakukanlah menyusui bayi Anda sesering mungkin. Karena, semakin sering Anda memberikan bayi ASI, maka semakin banyak hormon prolaktin yang dikeluarkan, maka dari itu pula semakin banyak produksi ASI sang Ibunya.
  2. Jangan terlalu cemas yang berlibihan. Hal semacam ini sering terjadi pada Ibu yang baru saja memiliki seorang anak. Sebagian ada yang berpikir bahwa produksi ASI yang mereka punya tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sang bayinya. Namun, kecemasan itu juga tidak sepenuhnya benar. Karena menurut dokter Citra Roseno, kalau berat bayi sesuai dengan growth chart, maka ASI Anda berarti baik-baik saja.
  3. Beristirahatlah dengan cukup. Hal yang satu ini juga bisa memengaruhi berkurangnya produktifitas ASI Anda berkurang, karena faktor kelelahan emosi yang tidak stabil.
  4. Memijat payudara. Meremas-remas payudara merupakan refleksi yang baik bagi produktifitas ASI Anda, karena dapat membantu meningkatkan volume dan lemak susu pada buah dada Anda. Cara melakukannya, pijatlah payudara Anda ketika dikala sang bayi sedang menyusui. Pijat bagian tengah dada sampai ke ujung puting susu Ibu dan ditunggu sampai bayi menelan ASI. Lakukanlan hal semacam ini berkali-kali.
  5. Hindari stres. Jika Anda sampai jatuh stres, maka, produksi ASI Anda akan menjadi tersendat. Maka dari itu, hindari stres semaksimal mungkin.
  6. Juga hindari minuman beralkohol. Minuman yang beralkohol dapat mengakibatkan penurunan produksi susu Ibu menjadi berkurang. Sangat dianjurkan untuk memilih minuman yang sehat dan diperbanyak lagi untuk mengkonsumsi air putih. Dan sangat tidak dianjurkan pada bayi di usia di bawah satu tahun untuk mengkonsumsi susu sapi tanpa saran dari dokter
Sebagai alternatif, jika ASI Anda tidak mencukupi bisa dibantu dengan susu formula sebagai asupan nutrisi pendamping. 

<14/04/ab>


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.