Berita Terbaru
Loading...
Thursday, April 2, 2015

Beginilah Cara Perawatan Bayi Prematur Di Rumah

1:24 PM
Beginilah Cara Perawatan Bayi Prematur Di Rumah - Bayi prematur merupakan bayi yang lahir belum pada waktunya. Penyebabnya bisa saja terjadi karena sang Ibu menderita Preeklamsia, ketuban pecah, atau infeksi. Bayi Prematur umumnya bayi yang lahir kurang dari 36 minggu, atau di bawah masa normal.

bayi prematur
illustrasi gambar (images/google)

Pada umumnya bayi prematur harus memiliki perawatan khusus NICU (Neonatal Intensive Car Unit), sesaat setelah bayi dilahirkan. Ruangan khusus ini merupakan ruangan untuk mengobati dan mencegah terjadinya kegagalan organ si bayi. Karena, di dalam ruangan ini sang bayi akan mendapatkan perhatian khusus dari dokter untuk melihat perkembangannya. Setelah melihat ada sebuah perkembangan pada sang bayi, biasanya sang dokter baru memperbolehkan si bayi prematur itu untuk dibawa pulang ke rumah. Ada beberapa persyaratan untuk mengurus bayi prematur di dalam rumah.

1. Perhatikan suhu ruangan yang ada di sekitar tempat bayi prematur itu berada. Tempat yang dibutuhkan oleh bayi prematur itu tidak terlalu dingin dan tidak pula terlalu panas. Dan jika Anda menggunakan AC, derajat suhunya berkisar antara 26-27 derajat celcius.

2. Harus siap sedia untuk alat bantu mengecek kesehatan si bayi prematur seperti termometer yang harus Anda letakan tidak terlalu jauh dari jangkauan tempat si bayi prematur berada. Ini dikarenakan agar sewaktu-waktu dibutuhkan segera didapat.

3. Selanjutanya Anda harus mempersiapkan pakaian bayi dengan baik. Ketika Anda ingin bepergian, sertakan si buah hati Anda untuk mengenakan kaos kaki serta topi guna memberikan efek hangat pada si bayi Anda.

4. Dan yang tak kalah penting pada yang satu ini ketika Anda merawat bayi prematur di rumah yaitu, Anda harus menerapkan sebuah cara Kangoroo MotherCare (KMC). Metode ini merupakan bentuk emosional sang ibu agar memberikan kestabilan suhu pada si buah hati Anda. Cara ini juga akan memberikan kesan kehangatan pada si bayi prematur tersebut. Karena sejatinya, sang Ibu dapat mentransfer suhunya kepada bayinya. Dalam sebuah metode Kangoroo ini, Ibu dapat menerapkannya saat melakukan akivitas sehari-hari. Jika perlu si bayi prematur ketika tidur pun harus dalam gendongan Ibunya. Ketika dalam gendongan, si bayi harus berada di dada Ibunya, sedangkan untuk cara berpakaian Ibunya, sebaiknya Ibu menggunakan kaos yang lebih longgar agar semua ini memberikan kesan nyaman untuk si bayi prematurnya.

5. Makanan yang paling baik bagi bayi yaitu ASI. Untuk itu, berilah sedikit demi sedikit tapi sering ASI kepada bayi Anda. Tentunya semakin sering semakin baik. Dan, pastikan juga bahwa ASI Anda juga cukup untuk menyuplai kebutuhannya.

6. Untuk urusan yang satu ini, Ibu harus telaten di dalam merawat bayi prematur Anda. Terutama saat pemberian obat dari rumah sakit yang mesti dilanjutkan saat berada di dalam rumah seperti asam polat, dan zat besi. Dan apabila mengalami kesulitan, Ibu bisa memanfaatkan pipet.

7. Mandikanlah bayi prematur setiap hari 2 kali. Karena dengan madi kotoran mampu terangkat dari kult si bayi dan tentu saja badannya akan merasa lebih segar. Dan, jangan lupa pula jemur bayi prematur setiap hari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

8. Jangan lupa pula untuk menjaga kontrol terhadap dokter spesial anak terhadap bayi prematur Anda, lakukanlah setiap satu minggu sekali. Kegiatan ini guna untuk mengecek tentang perkembangan bayi prematur Anda. Apakah si buah hati Anda mengalami peningkatan berat badan, atau bisa saja si buah hati Anda mengalami tidak bisa minum atau tidak? Berat badan merupakan tolak ukur keberhasilan perwatan bayi prematur Anda di dalam rumah.

9. Jika mengalami pada bayi prematur Anda lebih banyak tidur dibandingkan dengan bayi normal, Ibu tidak usah khawatir terhadap bayi Anda. Karena sejatinya, bayi prematur membutuhkan lebih banyak waktu untuk metabolisme tubuhnya, sehingga sang bayi lebih membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak. Selain dari itu, si bayi prematur juga bahkan lebih sering bangun daripada bayi yang memiliki cukup bulan. Salah satu cara untuk menjaga kenyenyakan tidur si bayi prematur Anda dengan cara sedikit melembutkan suara musik atau mengurangi terangnya lampu secara bertahap.

10. Dan yang terakhir, Anda harus memiliki nomer penting terhadap dokter, rumah sakit, klinik dan sejenisnya yang berhubungan dengan bayi prematur Anda. Agar suatu saat Anda dengan mudah untuk membutuhkan pertolongannya.

<02/04/ab>


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.